Peningkatkan Apresiasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Metode Pembelajaran Discovery pada Siswa Kelas X SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019

Fransisca Dewi Presti Anggarini(1*)


(1) SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejumlah peserta didik yang tidak memiliki dorongan belajar menjadikan nilai rata-rata mata pelajaran ekonomi sangat rendah yaitu mencapai 50,00. Hal ini disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan alat peraga, dan materi pelajaran tidak disampaikan secara kronologis. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan keaktifan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan apresiasi, keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas X SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran penemuan (discovery) untuk mengungkapkan apakah dengan model penemuan (discovery) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Dalam metode pembelajaran penemuan (discovery) peserta didik lebih aktif dalam memecahkan untuk menemukan sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memberikan petunjuk cara memecahkan masalah itu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan apresiasi belajar meningkat ditunjukkan dari siswa yang mempunyai apresiasi belajar baik pada pra siklus 21 siswa (65,63%) meningkat siklus I menjadi 23 siswa (71,88%), meningkat pada siklus II menjadi 30 siswa (93,75%). Peningkatan keaktifan ditunjukkan dari siswa yang mempunyai keaktifan belajar baik pada pra siklus 18 siswa (56,25%) meningkat pada siklus I menjadi 25 siswa (78,13%), meningkat pada siklus II menjadi 31 siswa (96,88%). Serta peningkatan hasil belajar ditunjukkan dari siswa yang mencapai nilai KKM dicapai pada pra siklus adalah 17 siswa (53,12%), pada siklus I menjadi 24 siswa (74%) mencapai nilai KKM, dan pada siklus II 30 siswa (93,75% mencapai nilai KKM). Kesimpulan penelitian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga dengan ketertarikan tersebut akan mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan diharapkan siswa akan memperoleh prestasi belajar yang baik dan maksimal.

Keywords


Apresiasi; Keaktifan; Hasil belajar; Metode Discovery

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2015) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud.(1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hari Wibowo dan Johan Wahyudi. (2015) Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media.

Martinis Yamin. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press

Mohammad Asrori. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Muhardani. (2014). Peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar IPS melalui Model Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas V SD Negeri 05 Kutosari Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Universitas PGRI Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Siti Fathiyah Sunati (2015), Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Aktifitas Belajar IPS Kelas IV A di Sekolah Dasar Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Universitas PGRI Yogyakarta.

Titik Maryati. (2017) Peningkatan Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X SMA N 2 Playen Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis.Universitas PGRI Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract views: 62 | PDF views: 6

Jurnal Ilmiah Guru Indonesia is published by Indonesian Journal Publication. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Jurnal Ilmiah Guru Indonesia Statistics Clicky View Statcounter