Manajemen Pembiayaan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer PKBM Homeschooling HSPG Solo

Dirgahayu Ari Astuti(1*)


(1) Homeschooling HSPG Solo
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian menerapkan studi manajemen sarana dan prasarana ekstrakulikuler komputer pada tahun 2021 PKBM Homeschooling HSPG Solo. Metode implementasi sarana dan prasarana PKBM Homeschooling HSPG Solo mengikuti kerangka fungsi manajemen pendidikan luar sekolah. Kerangka fungsi manajemen pendidikan luar sekolah terdiri atas enam fungsi yang berurutan. Keenam fungsi tersebut adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan. Hasil penelitian dimulai dengan kegiatan evaluasi sistematis, sasaran yang dievaluasi adalah perencanaan, pelaksanaan, hasil dan dampak program materi pengembangan diri sesuai kebutuhan minat dan bakat siswa PKBM Homeshooling HSPG Solo. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi perencanaan, tindak lanjut, modifikasi program, dukungan program, hambatan program, teknologi yang mendasari program. Untuk menunjang perencanaan program ini menggunakan sumber dana yang berasal dari internal PKBM Homeschooling HSPG Solo dan subsidi pemerintah melalui dana BOP (Bantuan Operasional Penyelenggara). Adapun rincian skema pembiayaan, estimasi Biaya dan neraca Pembelian Sarana dan Prasarana. Kesimpulan dalam studi manajemen sarana dan prasarana PKBM Homeschooling HSPG Solo. Menyadari sarana dan prasarana sebagai salah satu dari unsur manajemen pendidikan, untuk itu dalam tata kelola sarana dan prasarana PKBM Homeschooling HSPG Solo mengikuti kerangka fungsi manajemen pendidikan luar sekolah. Kerangka fungsi manajemen pendidikan luar sekolah terdiri atas enam fungsi yang berurutan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan. Implementasi manajemen sarana dan prasarana di PKBM Homeschooling HSPG Solo berhasil diterapkan dalam pengadaan sarana dan prasarana laboratorium komputer tahun 2021 sebagai penunjang kegiatan ekstrakulikuler.

Keywords


PKBM Homeschooling, HSPG Solo, Sarana dan prasarana

Full Text:

PDF

References


Anita, A., Sasongko, R. N., & Turdjai, T. (2017). Perilaku Inovatif Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sarana Ict SMP. Manajer Pendidikan, 11(3).

Ariani, R. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Asmani, Jamal Makmur. (2012). Buku Pintar Homeschooling. Yogyakarta: FlashBooks.

Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Sma Laboratorium. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 179-184.

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 21-28.

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Deepublish.

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 123-130.

Soegiarto, M. (2013). Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Prambanan Berdasarkan PERMENDIKNAS NO. 40 TAHUN 2008. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, Djuju. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Keputusan Walikota Surakarta Nomor 065 / 230 Tahun 2019 tentang Standar Satuan Harga Tahun Anggaran 2020


Article Metrics

Abstract views: 44 | PDF views: 31

Jurnal Ilmiah Guru Indonesia is published by Indonesian Journal Publication. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Jurnal Ilmiah Guru Indonesia Statistics Clicky View Statcounter