Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Passing Bawah dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Kelas III SDN 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019

Nyoman Tri Humardani(1*)


(1) Guru Sekolah Dasar Negeri 1, Kulurejo, Wonogiri, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran passing bawah dalam permainan sepak bola membutuhkan suatu metode yang tepat, karena siswa satu dengan yang lainnya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Pembelajaran passing bawah dalam permainan sepak bola yang pertama harus ditekankan adalah metodenya, diharapkan dengan penekanan pada metode yang menarik akan lebih membangkitkan atau merangsang motivasi siswa untuk melakukan gerakan dengan penuh semangat dan rasa senang. Untuk mengoptimalkan pembelajaran, latihan dibentuk dalam permainan yang dapat membuat siswa sungguh–sungguh dalam belajar. Dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SDN 1 Kulurejo masih ada beberapa kendala yang sering dialami oleh siswa. Kendala tersebut dapat dilihat dari motivasi pembelajaran passing bawah dalam permainan sepak bola. Rendahnya motivasi passing bawah dalam permainan sepak bola tersebut disebabkan oleh kurang efektifnya dalam menggunakan metode pembelajaran dan kurangnya modifikasi pada bentuk-bentuk latihan yang menarik, justru pembelajaran terkesan monoton dan siswa terkesan semaunya sendiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar passing bawah dalam permainan sepak bola siswa kelas III SDN 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019? bagaimana peningkatan motivasi setelah diberikan pembelajaran?. Dan bagaimana peningkatan prestasi belajar passing bawah dalam permainan sepak bola setelah diberikan pembelajaran? Penelitian ini menggunakan suatu metode pembelajaran yang tepat diharapkan mampu memberikan suatu rangsangan siswa dalam belajar metode tersebut adalah metode demonstrasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan Proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar passing bawah dalam permainan sepak bola siswa kelas III SDN 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019 lebih efektif dan meningkat dari kategori kurang baik menjadi kategori sangat baik. Terdapat peningkatan motivasi setelah diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019dari prasiklus sampai siklus 2 dengan selisih rata-rata sebesar sebesar 9,25. Adanya peningkatan prestasi belajar passing bawah dalam permainan sepak bola setelah diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan kenaikan nilai rata-rata dari prasiklus sampai siklus II sebesar 21,94 dan kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 50 %.

Keywords


Kelas III SDN 1 Kulurejo; Metode demonstrasi; Motivasi dan prestasi belajar passing bawah dalam permainan sepak bola

Full Text:

PDF

References


Alex, Sobur. 2009. AnalisisTeks Media. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Aminuddin Rasyad (2002). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama, (Jakarta: Bumi aksara), h. 8.

Anton Sukarno 1994, Efektifitas Sistim Pengajaran Pelayanan Bagi Anak berkesulitan Belajar,Surakarta: UNS Press.

Azimin (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 50 Meter Pada Siswa Kelas III SDN 99 Seluma. Skripsi. Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan, Universitas Bengkulu.

B. Uno, Hamzah. 2008.Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: BumiAksara

Beltasar, Tarigan. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Sepak Bola. Jakarta: Depdiknas.

Blanchard,P.Nick., Thacker, James.W. (2010). Effective Training : systems, strategies and practices. 4thedition. NJ: Prentice Hall.

Danny Mielke. (2003). Dasar-Dasar Sepakbola. Jakarta: Human Kinetics.

Dekonanta Sigit Suwarno (2016) Upaya meningkatkan prestasi belajar sepak bola dengan metode demontrasi dan latihan intensif siswa kelas IV semester II di SDN 3 Brabowan Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2015/2016.

Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka. Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini: Kajian Para Pakar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ila esmi 2014. Meningkatkan hasil belajar senam dasar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dikelas II Sekolah Dasar Negeri 16 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Tahun Pelajaran 2013/2014.

John W. Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Lexy J. Moleong. 2005. metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Morgan, C. (1986). Introduction to Psychology. Palo Alto C.A.: Fearman Publication. Inc.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munasifah. 2008. Atletik cabang lompat. Semarang: Aneka Ilmu

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Rinaldi Aditya, S.Pd, M.Pd, (2016). Dengan judul Upaya meningkatkan hasil belajar shotting mengunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui metode demontrasi pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Satu atap Patumbak Tahun ajaran 2016/2017.

Rusli Lutan dan Adang Suherman.(2000).Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Departemen pendidikan nasional, direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah.

Sahbani, Kaswari, Eka Supriatna (2013). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas IV SDN 9 Singkawang Selatan Sardiman, 2009, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Scheunemann, Timo. Dasar Sepak Bola Modern (Malang: Dioma, 2005).

Siswoyo 2013. Peningkatan keaktifan kecepatan lari 60 meter melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2013/2014 di SDN 3 Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek.

Soekatamsi (2001) Permainan Sepakbola. Universitas terbuka. Jakarta

Sukiyani, (2012). Peningkatan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola dengan metode demontrasi pada siswa kelas V SDN Bakalan Wringin Pitu Tahun ajaran 2012-2013.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana (2001).Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana.

Sutratinah Tirtonegoro, Anak Supernormal dan Program Pendidikannya, Jakarta: Bina Pustaka, 1984.

WS. Winkel, 1991, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia


Article Metrics

Abstract views: 350 | PDF views: 179

Jurnal Ilmiah Guru Indonesia is published by Indonesian Journal Publication. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Jurnal Ilmiah Guru Indonesia Statistics Clicky View Statcounter