Optimalisasi Penggunaan Alat Peraga Wayang Geser untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kompetensi Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester I SMP Negeri 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020

Eko Widagdo(1*)


(1) SMP Negeri 2 Baturetno, Wonogiri, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga mistar hitung yang dikombinasikan dengan wayang geser dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung bilangan bulat dan penggunaan alat peraga mistar hitung yang dikombinasikan dengan wayang geser dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Baturetno Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada kelas VIIA SMP Negeri 2 Baturetno Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 2 Baturetno Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan. Langkah-langkah tersebut meliputi perencanaan; pelaksanaan; pengamatan; dan refleksi tindakan. Penelitian terdiri dari dua siklus tindakan. Analisis data yang digunakan adalah teknik alur dari Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian ini adalah penerapan alat peraga mistar hitung yang dikombinasikan dengan wayang geser dapat meningkatkan prestasi belajar matematika kompetensi dasar operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan ketuntasan belajar yang mengalami peningkatan yaitu dari pratindakan sebesar 56,25%, siklus I sebesar 65,63% dan siklus II sebesar 93,75%. Penerapan alat peraga mistar hitung yang dikombinasikan dengan wayang geser dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika dasar operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020. Besarnya peningkatan aktivitas belajar siswa adalah pada pratindakan sebesar 50,01% pada siklus I meningkat menjadi 63,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,41%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mistar hitung yang dikombinasikan dengan wayang geser dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung bilangan bulat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dan tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.

Keywords


Prestasi belajar; Aktivitas belajar; Alat peraga pembelajaran; Mistar hitung; Wayang geser

Full Text:

PDF

References


Ali. 1989. Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Bimo Walgito, 2002. Psikologi Pendidikan Yogyakarta Balai Pustaka

Good, Thomas L., and Jere E. Brophy. 1998. Educational Psychology: A Realistic Approach. Fourth Edition. London: Longman.

Hamalik, Oemar. 2005. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Purnama, Jaka. 2004. “Pengaruh Pembelajaran Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Ditinjau Dari Motivasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi.” Tesis. Surakarta:Pasca sarjana UNS.

Ruseffendi, E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan Depdikbud.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta Rineka Cipta

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract views: 252 | PDF views: 163

Jurnal Ilmiah Guru Indonesia is published by Indonesian Journal Publication. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Jurnal Ilmiah Guru Indonesia Statistics Clicky View Statcounter